Banyak
di antara kita yang suka modifikasi motor (modif), namun banyak pula
yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan hobi. Bahkan
banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Sebaliknya, yang tidak
senang modif menganggap modif berbahaya dan menimbulkan biaya lebih
(boros).
Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra
Nyatanya,
hampir-hampir semua motor sudah mengalami modifikasi sedikit atau
banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah melakukan modif karena
tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah item telah mengalami
perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang yang lebih nyaman,
ganti model lampu yang lebih cakep dan terang adalah modif sederhana.
Karena
itu, yang penting dari modifikasi adalah tujuan dan fungsinya. Tujuan
modifikasi yang baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan motor
sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya.
Lebih
aman karena modifikasi yang baik akan menggunakan alat yang biasanya
after market atau limbah copotan motor import yang kualitasnya lebih
baik. Lebih cepat karena dengan modifikasi, baik kapasitas mesin bisa
dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian (handling) lebih
dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih gaya. Dengan modif, tampilan
standar ga lagi culun. Perpaduan berbagai asesori maupun piranti body,
ajrutan, cat, dsb, bisa membuat motor benar-benar menarik: lebih macho
atau manis, tergantung selera.
Tentu saja modif butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is something money can’t buy”. Kepuasan adalah segalanya….
So, kata kuncinya adalah modif ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera dan kantong.
Siapa
yang tidak kepincut dengan motor modif ala MV Agusta F4+Yamaha R1 di
edisi ini? Jika Anda tertarik modif, mulailah sekarang. Tapi awas,
sekali mencoba takkan berakhir sampai motor dijual.
Silahkan mencoba!Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra
0 komentar:
Post a Comment